Redesign Poster Layanan Masyarakat

Dalam tugas Design Review kali ini, kami diberi tugas untuk melakukan sebuah re-design terhadap poster iklan layanan masyarakat. Namun, sebelum itu blog ini akan diawali dengan mengulas sebuah video dari Ted Talk mengenai cara untuk memotivasi seseorang untuk mengubah kebiasaan, karena inti dari sebuah iklan layanan masyarakat adalah untuk mengubah kebiasaan seseorang melalui iklan.


Melalui video ini, dapat disimpulkan bahwa semua menginginkan sesama untuk memiliki karakter yang baik, namun yang sering dilakukan adalah dengan hal-hal yang mengancam yang sebenarnnya kurang efektif karena natur dasar manusia adalah mendengar sesuatu yang positif dibandingkan yang negatif pada dasarnya setiap orang lebih memilih untuk mendengarkan sesuatu yang positif dibandingkan yang negatif. Biasanya ketika mendengar yang negatif, mereka akan lebih memilih untuk langsung mengabaikannya atau mencari alasan yang terasa masuk akal untuk hal negatif tersebut dan biasanya ketika sudah mencapai urgensi baru lah mereka mau menghadapi hal-hal negatif tersebut yang biasanya sudah cukup terlambat.

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan, usia seseorang mempengaruhi dalam menanggapi sebuah berita buruk. 



Dan dari hasil ini pun menunjukkan bahwa usia anak-anak dan remaja adalah usia dimana seseorang paling buruk dalam menanggapi dan belajar dari sebuah berita buruk dan ketika mencapai usia 40 maka kemampuan dalam menanggapi sebuah berita buruk akan kembali menurun. Dari grafik tersebut juga bisa terlihat bahwa usia anak-anak, remaja, dan orang tua (eldery) adalah usia yang paling sulit untuk menanggapi sebuah ancaman. 

Ada tiga cara untuk mengendalikan cara kita dalam berpikir dan bertindak, yaitu :
a. Social Incentive
Karena setiap orang selalu peduli dengan opini orang tentang dirinya, dan ketika melihat seseorang melakukan hal yang baik maka orang cenderung terdorong untuk bisa melakukan hal yang lebih baik. Karena itu dengan menyoroti hal baik yang dilakukan seseorang akan memicu orang lain untuk berlaku hal yang sama bahkan lebih

b.  Immediate Reward
Banyak orang yang lebih tertarik untuk mendapat respon pada saat ini daripada di masa depan karena masa depan terlihat masih sangat samar dan jauh, sehingga dalam hal memberi penghargaan pun orang lebih senang ketika mereka langsung dapat melihat "penghargaan" atas hal baik yang mereka lakukan saat itu, dengan memberi penghargaan perlahan hal itu bisa mengubah bagian kebaikan dari penghargaan itu menjadi kebiasaan dan gaya hidup mereka

c. Progress Monitoring
Riset membuktikan bahwa otak manusia lebih baik dalam memproses sebuah berita dan hal-hal yang bersifat positif daripada negatif sehingga hal ini membuktikan bahwa hal yang harus dilakukan adalah berfokus pada proses dari proses dan bukan pada kegagalan atau kemunduran

Iklan layanan masyarakat sering menjadi sarana untuk menyampaikan pesan yang bertujuan untuk mengubah kebiasaan seseorang yang memberi dampak kepada masyarakat dan lingkungan, namun seringkali iklan-iklan layanan masyarakat menggunakan kesan yang mengancam yang terkadang kurang bekerja dengan efektif.





Iklan yang saya pilih untuk re-design adalah iklan dari Bund, sebuah organisasi berasal dari Jerman yang berfokus pada lingkungan. Dengan slogan Friends of Earth, Bund memiliki kepedulian yang sangat tinggi dengan lingkungan salah satunya dengan hewan-hewan yang terancam punah. Poster ini dibuat berdasarkan dengan hasil riset yang menyatakan bahwa setiap satu menit terdapat hewan yang terancam nyawanya dan Bund menyediakan wadah untuk melakukan donasi terhadap hewan-hewan tersebut.  

Dengan menggunakan visual hewan yang terjepit di antara jarum jam yang mewakili satu menit, hal ini menimbulkan kesan urgensi dan memiliki pesan mengancam bahwa setiap jam berdetak hewan tersebut akan mati, ditambah dengan ekspresi yang ditunjukan. Slogan dari kampanye ini pun adalah "Every 60 seconds a Species Dies Out" menambah kesan negatif dan urgensi


Hasil Re-Design




Re-design yang saya lakukan adalah dengan mengangkat sisi lain dari cerita hewan-hewan tersebut. Dengan menggunakan slogan "Let's Meet in the Future!" menjadi ajakan untuk setiap orang agar sama-sama menjaga hewan-hewan yang terancam punah agar di masa depan nanti generasi lain juga bisa turut serta dalam menjaga dari kepunahan dan diharapkan dapat bertemu hewan-hewan tersebut di masa depan nanti . Visual didukung dengan foto-foto asli dari hewan-hewan yang tersenyum untuk meningkatkan perasaan nyata dan relasi dengan hewan-hewan yang terancam punah, serta memberi kesan bahwa setiap bantuan yang diberikan akan menambah kebahagiaan dari hewan-hewan tersebut.

Comments

Popular posts from this blog

Analisa Iklan Kitkat (Kittu Katsu) di Jepang - (Marketing and Consumer Behavior)

Dancow "Aku dan Kau Suka Dancow" (Copywriting)

Analisa Iklan Tokopedia (Copywriting)