Analisa Iklan Tokopedia (Copywriting)


Tokopedia merupakan salah satu perusahaan E-Commerce di Indonesia yang berdiri tahun 2009. Tokopedia merupakan sebuah marketplace yang mendukung setiap individu, toko kecil, maupun brand untuk bisa menjual barangnya secara online. Dengan visi "Membangun sebuah ekosistem imana siapa pun bisa memulai dan menemukan apapun", Tokopedia membuat sebuah tagline untuk mewakili visinya yaitu #mulaiajadulu. Tagline ini mulai populer pada pertengahan 2018 hingga saat ini.

Salah satu cara Tokopedia melakukan promosi yaitu melalui iklan. Iklan yang dibuat oleh Tokopedia seiringan dengan slogan mereka. Tokopedia terus meluncurkan berbagai jenis iklan, baik iklan yang didukung dengan para bintang terkenal seperti artis hingga youtuber maupun iklan yang tidak melibatkan bintang terkenal namun dengan pendekatan yang lebih mengenai masyarakat.

Salah satu iklan terbaru mereka yaitu "Ungkapan Bahasa Sayang dalam Satu Genggaman" yang diluncurkan tepat pada hari Valentine yaitu 14 Februari lalu. Penyampaian pesan di iklan ini dilakukan dengan penyampaian apa makna sayang menurut setiap orang, karena setiap orang pasti memiliki berbagai definisi sayang yang berbeda dan didukung dengan hastag #sayangjadigampang.

Pesan yang ingin disampaikan melalui iklan ini adalah Tokopedia mendukung kebutuhan fisik (benda) untuk bisa menyalurkan "rasa sayang" kita dengan mempermudah kita membeli barang-barang yang kita butuhkan melalui Tokopedia karena Tokopedia mempermudah kita untuk berbelanja, baik dari sisi mencari barang yang kita butuhkan maupun sisi pemesanan dan pengiriman barang.

Jadi #mulaiajadulu. 

Comments

Popular posts from this blog

Analisa Iklan Kitkat (Kittu Katsu) di Jepang - (Marketing and Consumer Behavior)

Dancow "Aku dan Kau Suka Dancow" (Copywriting)