Element of Advertising - Audio Visual Ads
Minggu lalu kita sudah melakukan analisa pada iklan dalan bentuk print ad. Sekarang kita akan menganalisa iklan dalam bentuk audio visual. Iklan yang akan kita analisa adalah iklan dari produk bir putih asal Amerika, yaitu Budweiser. Salah satu iklan mereka pernah menjadi trending topik, yaitu "Wassup". Iklan ini bahkan pernah dijadikan salah satu bagian adegan film comedy yaitu Scary
Elements of Ads
Product :
Bir Putih
Brand :
Budweiser
Purpose :
Memperkenalkan Budweiser sebagai bir yang cocok untuk menemani para pria ketika berkumpul bersama geng nya.
Target Audience :
Pria dewasa yang senang berkumpul bersama teman-temannya
Headline :
True.
Logo :
Terdapat di botol bir yang dipegang setiap pemeran dan pada akhir video
Copy :
*suara TV menyala*
*suara telepon*
Pria Hoodie Merah
"Hello"
Pria Jumpsuit Jeans
"Hello. Wassup?"
Pria Hoodie Merah
"None, B. Just watch the game, having a Bud. So how about you?"
Pria Jumpsuit Jeans
"None. Watching game and having a Bud."
Pria Hoodie Merah
"True. True."
Pria Baju Kuning
"Wassup!"
Pria Hoodie Merah
"Wassup!"
Pria Jumpsuit Jeans
"Yo! Who's that?"
Pria Hoodie Merah
"Yo! You pick up the phone!
Pria Baju Kuning
"Hello?"
Pria Jumpsuit Jeans
"Wassup!"
Pria Hoodie Merah
"Wassup!"
Pria Baju Kuning
"Yo! Where'se Dukey?"
Pria Jumpsuit Jeans
"Yo! Dukey!"
Pria Baju Hitam
"Yo!"
Pria Baju Kuning
"Wassup!"
Pria Baju Hitam
"Wassup!"
Pria Jumpsuit Jeans
"Wassup!"
Pria Hoodie Merah
"Wassup!"
*Bel pintu berbunyi*
Pria Baju Kuning
"Hold on!" *memencet tombol bel* "Hello!*
Pria dibalik pintu
"Wassup!"
Semua saling bersahut-sahutan berteriak "Wassup" hingga telepon ditutup. Kemudian kembali ke percakapan antara Pria Hoodie Merah dan Pria Jumpsuit Jenas
Pria Hoodie Merah
"So Wassup B?"
Pria Jumpsuit Jeans
"Watching TV and having a Bud"
Announcer (Suara Pria Hoodie Merah)
"True. True"
Primary Features
Color Palette
Terdapat beberapa warna yang mendekat ke arah merah yang dapat dikorelasikan dengan logo Budweiser serta beberapa tone yang berkolerasi dengan botol Budweiser
Texture :
- Baju setiap pemeran
- Sofa
- Tembok
- Gorden
- Komputer dan Keyboard
- Paper Bag
Type of Shots :
- Medium shots
- Close up shots
- Still
- Extreme close up shots
Dimension :
4:3 Landscape
Medium :
TVC (Television Commercial)
Secondary Features
Emphasis and Repetition :
Dalam iklan ini, emphasis dilakukan dengan pengulangan. Baik secara visual dengan pemeran dalam posisi yang sama, arah kamera yang sembari memegang botol Budweiser yang kemudian merekam pemeran secara berganti-gantian, ataupun melalui kata yang diucapkan terus menerus yaitu "Wassup!"
Unity :
Unity yang dihasilkan melalui visual ads ini berasal dari lokasi yang mengambil berbagai ruangan di dalam rumah, sehingga menghasilkan unity yaitu suasana di sebuah rumah
Balance :
Keseimbangan yang dihasilkan dalam iklan ini adalah melalui pengambilan gambar dengan posisi tetap serta posisi dari pemeran. Walaupun secara keseluruhan asimetris, namun dengan posisi dan perspektif yang dihasilkan membuat visual terlihat seimbang
Comments
Post a Comment