Element of Advertising - Audio Visual Ads

Minggu lalu kita sudah melakukan analisa pada iklan dalan bentuk print ad. Sekarang kita akan menganalisa iklan dalam bentuk audio visual. Iklan yang akan kita analisa adalah iklan dari produk bir putih asal Amerika, yaitu Budweiser. Salah satu iklan mereka pernah menjadi trending topik, yaitu "Wassup". Iklan ini bahkan pernah dijadikan salah satu bagian adegan film comedy yaitu Scary


Elements of Ads

Product :
Bir Putih

Brand :
Budweiser

Purpose :
Memperkenalkan Budweiser sebagai bir yang cocok untuk menemani para pria ketika berkumpul bersama geng nya.

Target Audience :
Pria dewasa yang senang berkumpul bersama teman-temannya

Headline :
True.

Logo :
Terdapat di botol bir yang dipegang setiap pemeran dan pada akhir video

Copy :
*suara TV menyala*
*suara telepon*

Pria Hoodie Merah         
"Hello"

Pria Jumpsuit Jeans  
"Hello. Wassup?"

Pria Hoodie Merah
"None, B. Just watch the game, having a Bud. So how about you?"

Pria Jumpsuit Jeans
"None. Watching game and having a Bud."

Pria Hoodie Merah
"True. True."

Pria Baju Kuning
"Wassup!"

Pria Hoodie Merah
"Wassup!"

Pria Jumpsuit Jeans
"Yo! Who's that?"

Pria Hoodie Merah
"Yo! You pick up the phone!

Pria Baju Kuning
"Hello?"

Pria Jumpsuit Jeans
"Wassup!"

Pria Hoodie Merah
"Wassup!"

Pria Baju Kuning
"Yo! Where'se Dukey?"

Pria Jumpsuit Jeans
"Yo! Dukey!"

Pria Baju Hitam
"Yo!"

Pria Baju Kuning
"Wassup!"

Pria Baju Hitam
"Wassup!"

Pria Jumpsuit Jeans
"Wassup!"

Pria Hoodie Merah
"Wassup!"

*Bel pintu berbunyi*

Pria Baju Kuning
"Hold on!" *memencet tombol bel* "Hello!*

Pria dibalik pintu
"Wassup!"

Semua saling bersahut-sahutan berteriak "Wassup" hingga telepon ditutup. Kemudian kembali ke percakapan antara Pria Hoodie Merah dan Pria Jumpsuit Jenas

Pria Hoodie Merah
"So Wassup B?"

Pria Jumpsuit Jeans
"Watching TV and having a Bud"

Announcer (Suara Pria Hoodie Merah)
"True. True"


Primary Features

Color Palette

Terdapat beberapa warna yang mendekat ke arah merah yang dapat dikorelasikan dengan logo Budweiser serta beberapa tone yang berkolerasi dengan botol Budweiser

Texture :
- Baju setiap pemeran
- Sofa
- Tembok
- Gorden
- Komputer dan Keyboard
- Paper Bag

Type of Shots :
- Medium shots
- Close up shots
- Still
- Extreme close up shots

Dimension :
4:3 Landscape 

Medium :
TVC (Television Commercial) 


Secondary Features

Emphasis and Repetition :
Dalam iklan ini, emphasis dilakukan dengan pengulangan. Baik secara visual dengan pemeran dalam posisi yang sama, arah kamera yang sembari memegang botol Budweiser yang kemudian merekam pemeran secara berganti-gantian, ataupun melalui kata yang diucapkan terus menerus yaitu "Wassup!"

Unity :
Unity yang dihasilkan melalui visual ads ini berasal dari lokasi yang mengambil berbagai ruangan di dalam rumah, sehingga menghasilkan unity yaitu suasana di sebuah rumah

Balance :
Keseimbangan yang dihasilkan dalam iklan ini adalah melalui pengambilan gambar dengan posisi tetap serta posisi dari pemeran. Walaupun secara keseluruhan asimetris, namun dengan posisi dan perspektif yang dihasilkan membuat visual terlihat seimbang












             







Comments

Popular posts from this blog

Analisa Iklan Kitkat (Kittu Katsu) di Jepang - (Marketing and Consumer Behavior)

Dancow "Aku dan Kau Suka Dancow" (Copywriting)

Analisa Iklan Tokopedia (Copywriting)