Elements of Advertising - Axe Anarchy
Banyak sisi yang dapat dilihat dalam sebuah Print Ad. Pada umumnya orang-orang akan langsung menganalisa iklan dari segi makna atau pesan apa yang ingin disampaikan melalui iklan tersebut. Namun ada sisi lain yang dapat dianalisa melalui sebuah iklan, dan sebenarnya analisa ini bersifat sangat mendasar namun krusial, yaitu elemen-elemen di dalamnya, baik dari pemilihan tulisan hingga elemen-elemen desain yang ada.
Kali ini saya akan menganalisa Print Ad untuk produk perfume Axe Anarchy.
Elements of Print Ad
Product :
Perfume Axe Anarchy
Company :
Unilever
Perfume Axe Anarchy
Company :
Unilever
Brand :
Axe
Axe
Purpose :
Memperkenalkan produk Axe Anarchy yang terdiri dari dua versi, yaitu untuk pria dan wanita
Memperkenalkan produk Axe Anarchy yang terdiri dari dua versi, yaitu untuk pria dan wanita
Target Audience :
Pria dan wanita dewasa
Pria dan wanita dewasa
Headline :
New Axe Anarchy For Him + For Her
New Axe Anarchy For Him + For Her
Image :
Seorang pria dan wanita berdiri berhadap-hadapan dan saling
bertatapan di dalam garasi yang gerbangnya terbuka. Sang wanita berambut
panjang merah bergelombang menggunakan dress kemben dengan motif bunga-bunga
serta anting berwarna hijau dan wedges dengan warna senada dengan antingnya. Ia
memegang paper bag berisi petasan.
Sang pria berambut coklat menggunakan baju berwarna biru
dongker dengan celana panjang berwarna abu dan sepatu berwarna coklat pudar. Ia
menggunakan pakaian dan kacamata las sembari memegang alat las yang menyala. Ia
juga menggunakan sarung tangan berwarna kuning.
Slogan/Copy :
Unleash the Chaos
Unleash the Chaos
Logo :
Logo produk terdapat pada foto produk di pojok kanan atas, sedangkan logo company (Unilever) terdapat di pojok kiri atas
Logo produk terdapat pada foto produk di pojok kanan atas, sedangkan logo company (Unilever) terdapat di pojok kiri atas
Primary Features
Color :
- Pink
- Beige
- Maroon
- Grey
- Navy Blue
- Green
- Orange
- Tortilla Brown
Dimension :
800 x 1200 px
Texture :
Dalam print ad ini teksturnya digambarkan dengan sangat mendetail, dimulai dari detail pada setiap karakter (tubuh, pakaian, atribut pelengkap) serta setiap hal di garasi yang digambarkan secara detail, dari dalam ruangan (lantai, peralatan, atap, pintu) serta luar ruangan
Scale :
Skala yang digambarkan dalam iklan ini adalah 1:1 karena menggambarkan keadaan sebenarnya
Typography :
Menggunakan font sans serif dengan warna yang kontras dari print ad serta menggunakan huruf kapital dalam keseluruhan tulisan
Secondary Features
Balance :
Meskipun dari segi bentuk terlihat asimetris, namun dengan posisi berdiri dari sang pria dan wanita membuat poster tersebut terlihat seimbang.
Contrast :
Dalam segi warna, kedua karakter terlihat kurang kontras dikarenakan posisi mereka berdiri sedikit bertabrakan dengan masing-masing latar di belakang.
Proximity :
Peletakan benda-benda yang berkaitan dengan karakter pria dan wanita menghasilkan proximity yang baik karena berelasi satu sama lain
Emphasis :
Empasis yang ditonjolkan dalam desain ini adalah kedua benda yang dibawa oleh sang pria dan wanita
Harmony :
Dari segi relasi, keseimbangan, dan warna, desain ini memiliki harmoni yang cukup baik
Comments
Post a Comment