Elements of Advertising - Axe Anarchy

Banyak sisi yang dapat dilihat dalam sebuah Print Ad. Pada umumnya orang-orang akan langsung menganalisa iklan dari segi makna atau pesan apa yang ingin disampaikan melalui iklan tersebut. Namun ada sisi lain yang dapat dianalisa melalui sebuah iklan, dan sebenarnya analisa ini bersifat sangat mendasar namun krusial, yaitu elemen-elemen di dalamnya, baik dari pemilihan tulisan hingga elemen-elemen desain yang ada.

Kali ini saya akan menganalisa Print Ad untuk produk perfume Axe Anarchy. 



Elements of Print Ad



Product 
Perfume Axe Anarchy

Company 
Unilever

Brand : 
Axe

Purpose 
Memperkenalkan produk Axe Anarchy yang terdiri dari dua versi, yaitu untuk pria dan wanita

Target Audience 
Pria dan wanita dewasa

Headline 
New Axe Anarchy For Him + For Her

Image  :
Seorang pria dan wanita berdiri berhadap-hadapan dan saling bertatapan di dalam garasi yang gerbangnya terbuka. Sang wanita berambut panjang merah bergelombang menggunakan dress kemben dengan motif bunga-bunga serta anting berwarna hijau dan wedges dengan warna senada dengan antingnya. Ia memegang paper bag berisi petasan.

Sang pria berambut coklat menggunakan baju berwarna biru dongker dengan celana panjang berwarna abu dan sepatu berwarna coklat pudar. Ia menggunakan pakaian dan kacamata las sembari memegang alat las yang menyala. Ia juga menggunakan sarung tangan berwarna kuning.

Slogan/Copy 
Unleash the Chaos

Logo 
Logo produk terdapat pada foto produk di pojok kanan atas, sedangkan logo company (Unilever) terdapat di pojok kiri atas



Primary Features

Color     :
- Solid Brown
- Pink
- Beige
- Maroon
- Grey
- Navy Blue
- Green
- Orange
- Tortilla Brown


Dimension :
800 x 1200 px

Texture :
Dalam print ad ini teksturnya digambarkan dengan sangat mendetail, dimulai dari detail pada setiap karakter (tubuh, pakaian, atribut pelengkap) serta setiap hal di garasi yang digambarkan secara detail, dari dalam ruangan (lantai, peralatan, atap, pintu) serta luar ruangan

Scale :
Skala yang digambarkan dalam iklan ini adalah 1:1 karena menggambarkan keadaan sebenarnya

Typography :
Menggunakan font sans serif dengan warna yang kontras dari print ad serta menggunakan huruf kapital dalam keseluruhan tulisan

Secondary Features

Balance :
Meskipun dari segi bentuk terlihat asimetris, namun dengan posisi berdiri dari sang pria dan wanita membuat poster tersebut terlihat seimbang. 

Contrast :
Dalam segi warna, kedua karakter terlihat kurang kontras dikarenakan posisi mereka berdiri sedikit bertabrakan dengan masing-masing latar di belakang. 

Proximity :
Peletakan benda-benda yang berkaitan dengan karakter pria dan wanita menghasilkan proximity yang baik karena berelasi satu sama lain

Emphasis :
Empasis yang ditonjolkan dalam desain ini adalah kedua benda yang dibawa oleh sang pria dan wanita

Harmony :
Dari segi relasi, keseimbangan, dan warna, desain ini memiliki harmoni yang cukup baik

Comments

Popular posts from this blog

Analisa Iklan Kitkat (Kittu Katsu) di Jepang - (Marketing and Consumer Behavior)

Dancow "Aku dan Kau Suka Dancow" (Copywriting)

Analisa Iklan Tokopedia (Copywriting)